Macam - macam Kain Tapis Lampung Timur

Kain Tapis Lampung Timur

Lampung Timur - Kali ini saya ingin memperkenalkan beberapa macam kain tapis yang ada di lampung timur. ternyata di lampung timur terdapat banyak macam-macam kain tapis. berikut adalah contoh dan beberapa kain tapis yang ada di lampung timur.



Tapis Kaca 
Bahan dasar: Benang Kapas 
Sarung tenun pakan lungsi, bahan dasar benang kapas berlajur horizontal kecil, warna . coklat, kuning, biru dan merah. Ragam hias penuh disulam serat nenas dan benang sutera, motif pucuk rebung kecil, belah ketupat dan meander serta tempelan kaca. Kain ini biasa 
disebut juga Kain Laut Semangka. Dipakai oleh wanita pada saat upacara adat. 

Tapis Pucuk Rebung 

Bahan dasar: Benang Kapas
Asal : Desa Tebing, Kecamatan Lampung Timur
Sarung tenun pakan lungsi, (bahan dasar benang kapas berlajur horizontai warna merah dan kuning. Ragam hias disulam benang emas motif pucuk rebuni; pada bagian bawah, sasab selang seling dengan tajuk berayun. Tapis ini dipakai oieii ibu-ibu untuk menghadiri upacara adat. 

Tapis Cucuk Andak 
Bahan dasar: Benang Kapas, Benang Sutera dan Benang Emas

Asal: Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur
Penyawat membentuk motif iluk keris dan belah ketupat. Dibagian bawah pucuk rebung dan diberi gantungan uang ringgit, pada empat bidang terdapat motif ayam, burung, pohon hayat dan tempelan moci. Dikenakan oleh istri penyimbang yang sudah bergetar suttan sewaktu menghadiri upacara perkawinan dan pengambiian geiar, terutama didaerah Abung, Pubian, Sungkai dan Way Kanan. 

Tapis Kuning 
Bahan dasar: Benang Kapas, Serat Nenas dan Kaca 

Asal : Kecamatan Sukadana, Lampung Timur
Sarung tenun pakan lungsi, bahan dasar benang kapas berlajur horizontal, warna hitam, merah dan kuning. Ragam hias disulam serat nenas warna putih motif pucuk rebung dan belah ketupat dan tempelan kaca. Dikenakan istri penyimbang pada saat menghadiri upacara adat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages